Tips Berkendara Saat Touring Berkelompok Yang Wajib Diketahui

tips berkendara saat touringTips Berkendara Saat Touring Berkelompok Yang Wajib Diketahui, banyak juga rombongan biker saat melakukan touring masih kurang memahami aturan dan etika berkendara berkelompok. Kelompok bermotor juga terkadang ingin menguasai jalanan sehingga mengabaikan pengendara lainnya.

Arogansi berkelompok ini terkadang mengabaikan keselamatan anggota kelompok. “Tidak disadari, kelompok yang tercecer dibelakang memacu kecepatannya lebih tinggi agar bisa mengimbangi kelompok didepannya,” tegas Wijaya. Supaya perjalanan rombongan dalam touring tetap aman dan nayaman, berikut ini Oom Jack, kasih tips berkendara secara berkelompok.

Tips berkendara secara berkelompok : 

1. Biasakan melakukan manajemen waktu dan manajemen perjalanan. Tentukan arah tujuan dan route yang akan dilewati, sepakati titik pemberhentian. Usahakan menggunakan GPS dan Sepakati pula sistem komunikasi yang akan digunakan, Perjalanan harus berhenti dalam waktu 2 jam secara nonstop untuk beristirahat dan melakukan peregangan sebelum melakukan perjalanan kembali.

2. Setiap rombongan dipecah paling banyak 8 orang dalam setiap kelompok dengan menetapkan Road Captain dan sweeper. Di samping itu Road Captain menempatkan para pemula di barisan depan, dan peserta yang berboncengan. Semua peserta wajib mengenali peserta lainnya terutama di depan dan belakang kita berikut petugas rombongan.

3. Supaya selama dalam perjalanan tetap aman jangan mengkonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

4. Rombongan konvoi diusahakan selalu di jalur kiri dengan kecepatan disesuaikan dengan kondisi jalan atau batas rambu yang diperbolehkan (maksimal 80 kpj di luar kota, dan 60 kpj dalam kota).

5. Seluruh peserta touring harus mengikuti semua perintah Road Captain / petugas yang bertugas baik lisan maupun dalam bentuk kode isyarat dan tidak turut mengatur perjalanan touring, hal tersebut supaya rombongan tetap berjalan rapih teratur.

6. Selalu nyalakan lampu utama meskipun jalan di siang hari, nyalakan semua lampu utama kendaraan agar kendaran lain yang di depan atau dari arah berlawanan dapat dengan cepat mengetahui keberadaan motor kita.

7. Untuk hal yang satu ini juga perlu diperhatikan Jack, yakni jangan saling menyalip kawan di depannya kecuali diperintah petugas. Touring bukan untuk saling menyalip, ingat Jack, jalanan bukan untuk balapan.

8. Atur rombongan konvoi jaga jarak aman antar kendaraan, posisi motor dengan yang depan agak bersilangan (zig-zag), sehingga bisa mengantisipasi bila motor/kendaraan didepan tiba-tiba melakukan manuver/rem mendadak.

9. Selalu terapkan sikap antisipasi diri selalu waspada dalam berkendara. Bila sudah merasa lelah,ngantuk berat, terjadi masalah, atau ada kerusakan motor segera beritahu petugas dengan keluar dari barisan sambil mengacungkan tangan dan membunyikan klakson panjang.

10. Yang paling penting selalu mematuhi aturan lalulintas, jangan bersikap arogan, saling menghargai sesama pengguna jalan, rombongan konvoi tidak dibenarkan bersikap membloking jalan atau meminta prioritas jalan.