Perjalanan Kijang Innova Diindonesia Dari Pertama Sampai Sekarang

perjalanan kijang innovaPerjalanan Kijang Innova Diindonesia Dari Pertama Sampai Sekarang, Melanjutkan perjuangan Kijang Kapsul, namun di generasi Kijang Innova tak ada lagi varian pikap, yang bentuknya serupa. Memang masih ada pikap, tapi basisnya diambil dari Toyota Hilux.

Langsung saja kita bahas yuk dari Kijang Innova yang baru pertama keluar.

1. Kijang Innova (2004 – 2008)

Pada generasi pertama ini, Kijang berinovasi total. Namanya pun harus digabungkan, tak lagi disebut hanya sebagai Kijang, namun Kijang Innova. Desainnya diubah total dari Kijang Kapsul. Bodi dibuat lebih membulat, dan juga pada bagian lampu sudah menggunakan desain yang lebih modern bukan mengotak lagi.

Mesin juga sudah diubah semua, yang terkecil ada bensin 1TR-FE, 4 silinder segaris berkapasitas 2.000 cc yang dapat menghasilkan tenaga 134 dk. Mesin ini tersedia di semua tipe dan hanya tipe J saja yang tidak ada transmisi otomatis.

Ada juga varian diesel turbo, berkapasitas 2.500 cc dengan kode mesin 2KD-FTV berteknologi D-4D. Mesin ini memiliki tenaga 102 dk dan torsi 260 Nm. Untuk varian mesin ini hanya tersedia pada tipe E, G, V dan jika ingin mengingikan transmisi otomatis, hanya ada pada tipe G, dan V.

Untuk tipe E, kelebihan ada pada jok yang sudah menggunakan bahan fabric, lalu juga sudah dilengkapi dengan 4 buah speaker yang siap menghibur para penumpang.

Masih kurang? Lanjut ke tipe G, pada varian ini terdapat 4 speaker yang dilengkapi 2 tweeter. Pengaturan kursi juga sudah ada high adjuster. Untuk opsi tambahan layar monitor di plafon berukuran 8 inci, bisa memilih tipe G Luxury.

Eksterior pada tipe G Luxury ada penambahan aksesori pada bagian spoiler bumper belakang, pemanis muffler cutter dan penambahan emblem Luxury.

Masih kurang lengkap? Ada tipe V yang paling tinggi nih! Yang bisa didapat dari tipe ini adalah, setir sudah menggunakan wood panel, juga sudah dibalut kulit yang tentunya menambah kesan mewah.

Lengkapnya lagi, mobil ini sudah menggunakan AC digital dan juga MID (Multi Information Display,) yang memungkinkan pengendara mengetahui segala sesuatu tentang penggunaan mobil, hingga temperatur udara luar. Yang berbeda dengan V Luxury adalah penggunaan captain seat pada baris kedua.

Sisi eksterior, tipe V dilengkapi dengan side spoiler, side body moulding, rear defogger, serta penambahan high mount stop lamp, membuat tipe termahal ini jadi lebih mewah.

Untuk V Luxury, penambahan terdapat pada spoiler bumper belakang dan emblem Luxury, yang menegaskan bahwa itu tipe tertinggi.

2. Kijang Innova Facelift 1 (2008 – 2011)

Ubahan minor dilakukan pada tahun 2008, setelah berusia 5 tahun. Bagian gril diubah menjadi krom dengan model 4 garis horizontal, dan model lamu depan–belakang juga dipercantik desain baru, serta lekukan bumper juga mendapat ubahan sedikit, sehingga terlihat lebih modern.

Barulah pada tahun 2009, versi facelift ini punya tipe paling standar yaitu tipe J. Fiturnya hanya dilengkapi AC depan, power steering, power window dan pelek berukuran 14 inci. Bahkan, belum ada perangkat audio saat pertama kali keluar.

Memang ubahan ini tidak terlalu terlihat, kalau tidak seksama. Dan pada facelift ini, tipe E sudah mendapat AC double blower, untuk menekan harga tipe J lebih terjangkau.

Tidak hanya pada bagian eksterior, bagian mesin juga mendapatkan ubahan pada varian diesel yang ditambahkan catalytic converter.

3. Kijang Innova Facelift 2 (2011 – 2013)

Tahun 2011, Kijang Innova mendapatkan ubahan eksterior yang cukup terlihat, mulai dari desain gril baru dengan 5 garis horizontal krom.

Desain lampu utama memiliki model ujung seperti sayap, fog lamp baru yang membulat, serta desain lampu belakang memiliki bentuk yang sama dengan pendahulunya. Hanya saja, komposisi warna diubah menjadi merah dengan lampu sein di bagian tengah.

Pada facelift kedua ini, tipe J telah dilengkapi head unit double DIN dengan 4 speaker, AC double blower, pelek kaleng 14 inci, wiper belakang dan wiper intermittent.

Baru pada facelift ketiga Kijang Innova dilengkapi SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan force Limiter.

4. Kijang Innova Facelift 3 (2013 – November 2015)

Sebagai penyegaran, akhirnya pada tahun 2013 dilakukan ubahan minor lagi pada bagian gril yang lebih besar. Plus penambahan body kit underguard, serta desain fog lamp baru dengan lis krom.

Intip bagian belakang juga ditambah garnis krom pada sisi tengah, yang dilengkapi mata kucing menyambung ke bagian lampu rem.

5. Kijang Innova Reborn (2016 – sekarang)

Setelah 9 tahun lamanya, akhirnya Kijang Innova mendapat ubahan total. Baik dari sisi eksterior maupun interior. Pada bagian eksterior, lampu Kijang Innova sudah mengusung desain baru yang memiliki lekukan lebih tajam dan mengotak, penggunaan LED projector untuk tipe Q.

Sementara varian G dan V masih halogen multireflector biasa, dilengkapi DRL LED, gril berbentuk segi 6 besar dan penempatan lampu sein juga unik di samping fog lamp.

Untuk tipe Q terdapat lis krom sebagai pemanis di bagian bawah gril, serta bagian seperti gagang pintu, cover spion, side body moulding dan garnish belakang yang semua berwarna krom, juga penambahan rear diffuser.

Bagian eksterior dirasa berhasil dibuat Toyota menjadi sangat modern. Pelek yang digunakan pada tipe G dan V menggunakan diameter 16 inci dengan warna silver, dan untuk tipe Q menggunakan 17 inci dengan model palang 5 baru, yang dibalut ban Bridgestone Turanza.

Sistem pengeraman pada bagian depan menggunakan cakram, sementara bagian belakang masih teromol di semua tipe.

Kaca spion Kijang Innova untuk tipe G memiliki fitur kaca elektrik dengan warna senada bodi. Sementara untuk tipe V dan Q dengan lengkap fitur elektrik, retractable dan welcome light.

Welcome light adalah fitur yang berfungsi untuk memudahkan pengemudi ketika memasuki kabin, dengan penerangan lampu yang terdapat pada bagian bawah kaca spion.

Pada bagian belakang, lampu baru dengan mengadopsi desain vampire back, antena mobil ini juga sudah lengkap dengan shark fin di semua tipe.

Perbedaan yang lumayan terlihat pada tipe G, V dan Q ada pada interior. Tipe G dan V, jok menggunakan bahan fabric warna coklat dengan motif loreng. Sementara untuk Q, menggunakan jok fabric dengan warna hitam.

Head unit yang digunakan pada tipe G juga lebih kecil yaitu 7 inci, ketimbang tipe V yang 8 inci dengan fitur lebih lengkap. Pengaturan head unit juga dapat dilakukan melalui setir, karena audio steering switch sudah ada pada varian G sekalipun. Pengaturan setir juga sudah fleksibel dengan tilt dan telescopic.

Untuk MID, tipe G masih mengusung layar monokrom, dan tipe V sudah full colour. Pengaturan AC untuk tipe G juga masih menggunakan kenop, sementara untuk tipe V sudah mengusung AC model digital. Asyiknya lagi, dari tipe G Innova ini sudah ada fitur mode berkendara yang bisa diatur (ECO mode dan Power mode).

Lihat row kedua, tidak ada yang captain seat antara tipe G dan V. Namun pada tipe V, terdapat meja kecil di belakang kursi pengemudi, seperti kursi pesawat. AC juga sudah mengsung double blower untuk semua tipe.

Pada tipe Q, terdapat panel-panel kayu yang menghiasi dasbor, dan juga setir. Setir untuk tipe Q sudah dibalut bahan kulit agar lebih mewah.

Pada tipe Q, head unit sudah dilengkapi air gesture yang memungkinkan pengguna bisa mengatur head unit tanpa menyentuhnya. Kemewahan bagian row kedua dari tipe Q ada pada pengaplikasian captain seat.

Varian mesin juga ada 2 pilihan, yaitu bensin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dan diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc lengkap dengan VNT Intercooler. Varian mesin ini terdapat pada semua tipe baik G, V, ataupun Q dengan transmisi manual atau otomatis.

6. Kijang Innova Venturer

Pada 2017 lalu, keluarlah varian Kijang Innova terlengkap yang diberi nama Innova Venturer, lengkap dengan tambahan aksesori.

Seperti body kit bumper depan, side skirt, serta body kit bumper belakang, dilengkapi pelek dari tipe Q berwarna hitam. Tidak ada ubahan lain selain aksesori. Mesin, fitur, dan lainnya masih sama dengan tipe Q.

Jika dilihat dari sisi eksterior, penambahan aksesori berhasil membuat Venturer jadi lebih mewah ketimbang standarnya.

Venturer tersedia dalam 2 varian mesin 2.000 cc bensin, serta 2.400 cc diesel yang sama digunakan Innova Reborn standar. Dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Harga yang dibandrol untuk Venturer ini lebih mahal ketimbang biasa, dengan harga mulai dari Rp 400 – 460 juta.