Perbedaan Toyota Vios Indonesia Dan Malaysia Keren Mana?

perbedaan toyota vios indonesia dan malaysiaPerbedaan Toyota Vios Indonesia Dan Malaysia Keren Mana? Beberapa waktu lalu, Vios mendapatkan facelift mengikuti bentuk dari saudaranya yaitu Yaris. Tetapi apakah sobat KabarOto tahu kalau bentuk Vios untuk pasar Indonesia, dan versi Malaysia memiliki perbedaan? Yuk kita lihat apa saja perbedaannya.

Jika Vios lokal, hanya terdapat 2 buah varian yaitu tipe E CVT, dan tipe G dengan transmisi CVT dan manual. Untuk pasar Malaysia, Vios punya 3 varian, yaitu J, E dan G, yang semua varian menggunakan transmisi otomatis.

Untuk versi Malaysia, Vios mendapatkan aksesori lebih lengkap di bodi, seperti dilengkapi body kit pada lips, side skirt dan body kit belakang yang memiliki aksen merah, demi menimbulkan kesan racing look. Sementara untuk Vios lokal, varian tertingginya pun tidak ada penambahan body kit.

Lalu, pembeda lainnya terdapat pada bagian air dam. Vios Malaysia memiliki desain bumper lebih variatif dengan bentuk seperti huruf ‘X’ dan masih mengusung DRL LED. Jika Vios lokal, air dam-nya hanya berbentuk garis horizontal dengan pelengkap DRL saja.

Sisanya, semua masih sama dengan versi lokal, mulai dari model pelek 16 inci untuk tipe G, sementara ring 15 untuk tipe E dan J. Bentuk bodi, bahkan lampunya masih sama semua.

Mesinnya masih menggunakan 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc, dengan tenaga maksimal 105 dk dan torsi maksimal 140 Nm, yang disalurkan transmisi CVT 7 percepatan ke roda bagian depan.

Fitur di kabin, desainnya masih sama, terdapat head unit terintegrasi dengan fitur mirroring, terdapat AC digital dengan auto climate, audio steering switch lengkap, lalu dilengkapi 2 pilihan driving mode ECO dan Sport, paddle shift, hill start assist, electronic rear mirror-view dengan camera dashcam, dan lengkapnya lagi ada MID full color.

Untuk fitur keselamatan, Vios terbilang cukup lengkap, termasuk 7 buah airbag layaknya Toyota Rush, kamera 360, rem yang sudah ABS, EBS, serta sudah didukung teknologi Vehicle Stability Control, head lamp following me home dan blind spot monitoring loh.

Harganya, untuk Vios tipe G versi Malaysia, dibanderol seharga RM 87.300 atau sekitar Rp 297 juta. Harga tersebut lebih murah Rp 31 juta ketimbang tipe G CVT lokal, yang dibanderol Rp 328 juta. Vios E RM 81.200 atau sekitar Rp 276 juta, dan Vios tipe J RM 77.200 atau sekitar Rp 263 juta.