Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mati Total Dengan Benar

cara memperbaiki motor injeksi mati totalCara Memperbaiki Motor Injeksi Mati Total Dengan Benar, Motor yang menggunakan sistem injeksi memang sedang naik daun di tanah air. bagaimana tidak, motor dengan sistem injeksi memang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki motor yang masih menggunakan sistem karburator. Motor dengan sistem injeksi tercatat dapat mengefisienkan penggunaan bahan bakar sehingga menjadi lebih irit. Selain itu, motor dengan sistem injeksi ini juga ramah lingkungan. Nah, inilah yang membuat motor ini banyak diminati. Namun, bagaiman jika motor ini mogok?

Sebenarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan motor toba-tiba mati (mogok) di tengah jalan, khususnya bagi motor injeksi biasanya diawali dengan gas yang tidak stabil saat sedang berkendara. Namun, jika kalian mengalami hal ini, maka jangan keburu panic dulu. Silahkan ikuti tips yang kami jelaskan di bawah ini.

1.Bahan Bakar

Penyebab:

Penyebab motor yang menggunakan sistem injeksi mogok yaitu adanya masalah dibagian bahan bakar. Ada banyak kasus pada motor injeksi yang mengalami penyumbatan dibagian injector dan dan juga filter mesinya. Penyumbatan ini terjadi karena terjadi penumpukan kotoran dibagian mesin, sehingga dapat menghambat aliran bahan bakar ke ruang bahan bakar (tidak lancar). Hal inilah yang biasa membuat motor ijeksi mengalami kondisi sistem gas yang tidak stabil hingga mogok.

Solusi:

Untuk kasus seperti ini, yang bisa kalian lakukan pertama-tama yaitu cek bagian mesinnya, jika terdapat kotoran pada bagian mesin, maka segeralah membersihkannya. Lakukan proses pembersihan ini dengan sangat hati-hati, kalian bisa menggunakan bensin atau cairan khusus untuk membersihkannya. Cairan khusus tersebut dapat kalian temukan dibengkel-bengkel terdekat, cara penggunaannya pun sangat mudah, kalian tinggal menyemprotkannya kebagian injector. Setelah cairan ini disemprotkan, maka kotoran yang ada pada mesin dapat terangkat dan keluar.

Jika kotoran yang terdapat did alma mesin sudah berhasil dikeluarkan, maka tutuplah kembali rangkaian mesin motor dan masalah terselesaikan. Setelah itu motor kalian sudah bisa dikendarai kembali. Sekedar mengingatkan, jika kalian melakukan langkah ini, maka lakukanlah dengan benar agar motor kalian bisa membaik kembali. Jika tidak, maka yang ada motor kalian akan menjaddi lebih rusak lagi.

2.Aki Motor

Penyebab:

Biasanya yang menjadi masalah saat motor injeksi mogok yaitu aki, dimana nyawa dari motor injeksi tergantung pada kuat dan lemahnya aki. Jika aki melemah , maka motor dengan sistem injeksi secara otomatis akan mengalamai mati mesin alias tidak bisa hidup.

Solusi:

Periksalah kondisi aki motor kalian, apakah masih dalam kondisi yang bagus atau memang sudah kalah. Jika masih dalam keadaan yang bagus, maka periksalah penghubung sekring, apakah ada yang putus? Jika memang putus, kalian bisa menggantinya dengan yang baru.

Itulah 2 tips dari kami, jika memang ada tips tambahan dari sahabat, silahkan di share di komom komentar yah. Oh ya sahabat, jika kedua tips yang kami tuliskan di atas sudah dilakukan namun permasalahan belum juga terpecahkan, maka pilihan terakhir adalah membawanya ke bengkel, karena bisa saja motor kalian memang butuh sentuhan montir ahli dengan peralatan yang memang lebih lengkap dan lebih canggih.

Demikianlah informasi dari kami mengenai tips memperbaiki motor dengan sistem injeksi, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.