Cara Memilih Knalpot Racing Untuk Mobil Yang Bagus

Cara Memilih Knalpot Racing Untuk Mobil Yang Bagus, Bagi pecinta otomotif, modifikasi knalpot mobil merupakan suatu keharusan karena modifikasi knalpot ini akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan menjadi lebih gagah, tarikan mesinnya lebih terasa, dan tentu saja membuat mobil anda akan tampil lebih maksimal.

Nah yang dimaksud dengan modifikasi sendiri adalah mengganti part atau komponen mobil seperti knalpot mobil bawaan pabrikan (standar) dengan produk aftermarket. Knalpot racing biasa dipilih oleh para pecinta otomotif untuk memodifikasi mobilnya. Sebelum anda akan melakukan modifikasi, anda harus mengenal terlebih dahulu perbedaan dari knalpot racing dan knalpot standar. Nah berikut penjelasannya.

Beda Knalpot Standar Dan Racing

Kedua knalpot ini memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Untuk knalpot standar memiliki keunggulan yaitu dengan suara yang kalem membuat nyaman dalam berkendara karena tidak menimbulkan polusi suara dan tidak melanggar lalu lintas, serta komponen yang lainnya. Namun juga memiliki kelemahan yaitu tenaga yang dimiliki lemah dibandingkan dengan knalpot racing. Sedangkan keunggulan dari knalpot racing adalah performa mobil menjadi lebih optimal karena memiliki tenaga yang besar. Suara yang dikeluarkan oleh knalpot racing lebih garang dibandingkan dengan knalpot standar. Dengan suara yang garang ini, akan menyebabkan polusi suara dan biasanya polisi tidak memperbolehkan mobil dengan suara knalpot seperti itu.

Untuk anda yang ingin memodifikasi knalpot mobil anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar pada saat pemilihan knalpot mobil sesuai dengan keinginan dan pastinya harus memberikan kepuasan pada diri anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa sobat lakukan sebelum membeli knalpot untuk memodifikasi mobil anda.

Perhatikan Saluran Gas Buang Mobil

Sebelum membeli knalpot racing, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah cek saluran gas buang pada mobil anda dan perlu diperhatikan strukturnya. Hal ini dilakukan jika modifikasi yang akan anda lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan performa mesin yang lebih baik daripada knalpot mobil standar. Beberapa struktur yang harus diperhatikan seperti struktur header gas buang, resonator, pipa knalpot, dan muffler.

Cek Header Knalpot

Struktur header knalpot merupakan salah satu bagian dari saluran gas buang mobil. Dan biasanya para pemilik mobil yang ingin mengganti knalpot standarnya agar performa mobil dapat mengeluarkan suara mesin yang lebih garang. Pemilihan model dari header sangat berpengaruh pada performa baik tarikan atas maupun tarikan bawah atau kedua-duanya. Jadi pastikan model header yang dipilih cocok sesuai dengan keinginan anda.

Sesuaikan Resonator

Resonator merupakan bagian setelah header yang berfungsi sebagai peredam suara. Walaupun hanya sebagai penghalus suara jika dimensi resonator tersebut asal-asalan dapat merugikan bagi mesin kendaraan, boros bbm, dan performa tenaga menurun. Jadi pilihlah resonator yang tidak restriktif atau mampu mengalirkan debit udara yang dikeluarkan oleh CFM. Oleh karena itu sobat harus tahu atau memperhitungkan estimasi debit udara yang dikeluarkan oleh mesin mobil sobat. Namun bukan berarti bisa menggunakan resonator berinlet sebesar-besarnya demi debit besar, karena akan terjadi Lack of Velocity atau aliran udara yang kecepatannya terlalu rendah.

Pilih Pipa Knalpot Yang Bagus

Untuk mendapatkan performa yang lebih baik lagi, selain memperhatikan model header mengganti pipa knalpot merupakan hal yang penting. Karena biasanya anda akan diharuskan ikut mengganti beberapa bagian yang terdapat di saluran gas buang. Pemilihan pipa knalpot dengan kualitas yang bagus sangat penting, karena saat gas buang yang keluar dari mesin tidak akan mengalami hambatan. Pipa knalpot yang bagus yang memiliki lekukan dan bentuk bulat sempurna, serta tidak ada kelebihan material yang menonjol di bagian dalam pipa knalpot.

Pilih Model Muffler Yang Sesuai

Kebanyakan orang memodifikasi mobilnya untuk mendapatkan suara mobil yang lebih garang dibandingkan dengan suara sebelumnya. Hal ini bisa anda lakukan juga, hanya dengan mengganti satu bagian saja dari saluran gas buang yaitu muffler atau yang biasa disebut dengan knalpot. 

Pada awalnya muffler ini memiliki fungsi untuk meredam suara dari pembuangan sisa gas buang pada mobil, dan jika muffler tidak ada maka suara mesin mobil akan terdengar sangat mengganggu.

Muffler memiliki model yang beragam, sehingga pada saat memilih sebaiknya sesuaikan dengan bentuk mobil serta karakter yang ingin anda peroleh. Semakin besar diameter mulut knalpot, maka akan semakin rendah karakter suara yang dihasilkan atau semakin nge-bass. Selain dari segi model, kualitas bahan muffler yang digunakan harus dengan kualitas baik agar lebih awet, tahan lama, dan tidak mudah karatan. Bahan stainless steel merupakan salah satu bahan yang dikenal awet dan ringan untuk dijadikan knalpot. Selain stainless steel, titanium juga merupakan bahan knalpot yang biasa digunakan pada mobil balap karena faktor bobotnya lebih enteng dibanding yang lainnya. Muffler titanium ini bisa saja digunakan pada mobil biasa, tapi konsekuensinya suara knalpot lebih berisik. Penggantian muffler dengan versi aftermarket dapat meningkatkan tenaga hingga 3 dk dan jika ditambah dengan penggantian pipa dan headernya bisa mencapai 5 dk, atau bahkan lebih. 

Sebaiknya hal wajib yang harus dimiliki knalpot aftermarket adalah sertifikat JASMA (The Japan Automotive Muffler Association). JASMA ini merupakan asosiasi produsen knalpot di Jepang yang mengontrol semua muffler buatan dalam negerinya tersebut. JASMA memberlakukan beberapa ketentuan untuk setiap muffler spek jalan raya seperti tingkat kebisingan (dibawah 93 db), tingkat emisi yang dihasilkan, dan desain tidak membahayakan (besar tabung, jarak tabung ke jalan, dan bibir knalpot sejajar dengan bumper belakang).

Itulah Tips Cara Memilih Knalpot Racing Untuk Mobil Yang Bagus semoga bermanfaat.

Editor : HAJI